Find Me on Social Media

Sentimental Series #01

Wednesday, 8 March 2017
I finally become this, judgmental kind of person. Lol

Iya, aku yang selalu baik hati dan positif orangnya, sekarang jadi banyak sentimen dan nyinyir. Tapi Cuma sama ibu-ibu baru yang baru beranak aja kok, baru melahirkan, baru ngasuh baby newborn belom tiga bulan. Soalnya aku sekarang berasa senior, jadi gemes sama ibu-ibu newbie yang lebay dan overreacting itu, macam si artis A nomor 1 dan A nomor 2 yang baru punya anak, heboh amat gembar gembor betapa indahnya melahirkan natural birth, betapa indahnya punya bayi newborn ngga rewel, oh plis.......


3ornkbl5jev6miz4ou

Satu hal ya kalo ngomongin soal Birth & Parenting, ngga usah lah berasa EXPERT. Ngga usah lah berasa pilihan yang kamu ambil itu adalah yang best of the very best. Karena pasalnya, ngelahirin dan ngasuh anak itu trial and error, semua pilihan adalah yang terbaik. Jadi ngga usah bangga-bangga amat kalo situ berhasil melahirkan natural bukan lewat operasi sesar, melahirkan di rumah sendiri bukan di rumah sakit. Dan apalagi, punya bayi newborn yang ngga rewel? Cih. Bukannya nyumpahin nih ya, tapi namanya anak bayi itu semua ada fase-nya ibu-ibu :)

Ya aku mah apa lah, punya anak baru satu, belom juga genap usianya dua tahun. Tapi kalo dibandingin kamu yang punya anak baru satu, belom genap usianya tiga bulan? Hayoooo. Aku lebih berpengalaman lah yaaaw. Punya anak itu tantangannya baru terus, every milestone of our kids are always a new thing, challenging things of course. Makanya gue sekarang paham betul istilahnya punya anak itu susah-susah gampang. Kalo masih bayi mah Cuma repotnya doang, masih Cuma tidur-makan-ee-tidur-makan-ee. Lah sekarang si bayi Leon udah serba ngerti, udah masuk fase: BELAJAR & MENGAJAR, yang mana ini ngga ada breaktime-nya. Dan mana segala hal harus diulang-ulang, everything is on repeat with him. Ngasih tau mana yang boleh dan tidak boleh, mana yang baik dan buruk, mana yang benar dan salah, his manners are beyond everything. Kita ngga mau kan anak kita nantinya jadinya anak yang kalo minta sesuatu Cuma langsung rebut aja, ngga pake please atau tolong. Jadi sekata sederhana itu, ternyata perjuangannya butuh setiap bulir keringat dan setiap helai kesabaran ibundanya :”)

Belom lagi bumbu-bumbu penyedapnya, macem perbedaan pola asuh mama papa vs pola asuh kakek nenek. Tau lah ya gimana gambarannya? Biar kata ngga tinggal se-atap juga kan namanya cucu main sama kakek nenek. Mereka yang dulunya ngasuh kita sebagai anak, udah tau gimana kerasnya proses pembelajaran ngasuh anak itu. Makanya sekalinya anaknya punya anak, mana mau lagi ngerasain fase itu. Jadi lah kalo si cucu punya keinginan HARUS KUDU dituruti, karena mungkin kakek nenek tau betul seperti apa anak bayi dan balita yang keinginannya tidak dituruti, what things will follows after that BIG NO out from their mouth, so instead of being that kind of parent in their past, they will, surely say OKAY AS YOUR WISH my grandkids. Terus sebagai orang tua kita mau diem aja? Ya ngga juga, anak ya anak kita. Aturannya dari kita dong sebagai orang tuanya. Terus gimana masa si kakek nenek mau kita “nasehatin”? Ya ngga juga, kan kakek nenek lebih senior lagi ngasuh anak lebih banyak dan puluhan tahun pula usianya sudah. Ya kannnnn…..told ya, it wasn’t easy.

so257rlv81g3k

Tulisan ini sebenernya bukan buat nyindir tapi kalo kamu kesindir, maafkan lah ya. Lain kali ngga usah dibaca aja blog aku, isinya kebanyakan ngga pentingnya kok, Lol. Kadang tulisan-tulisan ini murni unek-unek, kadang juga Cuma buat iseng-iseng. Jadi no hard feelings, k?

Cerita dulu ah dulu waktu Leon masih newborn. Kan kalo fase melahirkan udah ada di postingan sebelum-sebelumnya, tapi fase Leon’s newborn emang belom pernah gue tulis sih. Jadi dulu waktu Leon newborn mah ngga rewel juga anaknya, bageuuuur pisan. Kalo tengah malem bangun-bangun tidurnya ngga nyenyak adalah karena dia ngga pake pospak atau diapers. Jadi gue masih pake popok kain yang diiket-iket sama bedongan aja kain umpelan supaya anget dan supaya pertumbuhan kakinya bagus sih kata sesepuh. Tapi kenyataannya di Leon mah itu kain bedong Cuma bertahan paling lama 15 menit, sisanya is history, Lol. Udah ngga berbentuk lah itu bedongan, ngga bisa diem banget bakatnya emang even since he’s just a newborn :D

Jadi kalo dia pipis atau pup, yang mana baby newborn itu kan pipis and pup nya masih sesering se-possible mungkin, jadilah dia kebangun dan mewek. Karena pake popok kain itu sekali kena pipis or pup ya udah basah se-basah-basahnya. Kadang bisa basah sampe baju Leon loh, jadi sekali dia ‘ngek’ karena pipis langsung gue bopong lah ke baby taffel ganti popoknya. Kadang dia kalo lagi pules biar pun kena kapas basah juga ngga bangun, tapi kalo lagi rese ya baru pas digendong dari crib ke taffel aja udah nangis kejer. Abis ganti popoknya terus nenen sambil boboin dia lagi, ya udah dia bobo lagi. Tapi ntar satu dua jam kemudian ya begitu lagi. Pola ini berlanjut terus sampe usia Leon tiga bulan lebih baru lebih enakan, karena Leon udah berkurang jadwal pipis dan pup yang sesering se-possible mungkin itu menjadi yaaa 15-30 menit sekali lah ya. Terus pup nya juga udah mulai jarang ya sehari paling 3-4 kali doang, dan jeda antar pipis-nya bisa agak lama. Jadwal ganti popok berkurang, jumlah cucian popok sehari juga semakin dikit terus jam ngalong juga udah mulai bisa ditolerir. Kalo gue dulu patokannya pake drama korea yang satu episode-nya 60 menit. Jadi kalo pas tiga bulan pertama itu, sambil begadangan gue sambil nonton drakor dalam semalem itu bisa 3 episode. Nah pas Leon udah masuk bulan ke-empat itu, paling semalem 1 episode doang. Itu dalam kondisi kepotong-potong ya nontonnya bukan cussss 1 episode 60 menit abis, Lol.

Yaelah jadi kangen yeee masa-masa masih sempet nonton drakor, hahaha. Sekarang mah atuh boro-boro. Nonton tipi aja jarang, kalo pun buka tipi nontonnya mentok antara Paw Patrol atau channel MiaoMi :’)

Jadi kalo dikilas balik dan dibandingin sama usia Leon sekarang, duuuhhh I would be more grateful when he is at his newborn deh, bener. Jadi ibu-ibu yang masih menjalani fase baby newborn ini plis lah dinikmatin aja ngga usah dikeluhkesah, tapi juga jangan saking nikmatinnya terus juga jadi menyinggung perasaan orang lain ya macem kamu hai artis A nomor 1 dan A nomor 2, Lol. Karena kalo ngomong anak kamu ngga rewel walaupun newborn, ah anak aku dulu juga ngga rewel. Bedanya kamu punya kamera super canggih dan mungkin helper sehingga waktumu full untuk buah hati, setiap momen bisa diabadikan dengan caption-caption puitis dan likers-likers puluhan ribu. Kalo aku sih dulu boro-boro bisa pegang kamera, bisa mandi sehari sekali aja udah sujud syukur :)

Ah sudahlah, aku ngga boleh iri hati ya. Susah ya jadi seorang ibu itu, baperan. PMS mulu tiap hari, Lolol.
1 comment on "Sentimental Series #01"
  1. Bener banget ihhhh... buibu sekarang mah banyak yang gitu, serasa profesional mother , padahal mah ya, jadi orangtua itu proses trial & error sungguhan, beda anak beda treatment yang bisa diterapin. sungguh kusetuju dengan postingan ini.

    Btw, kubisa tebak artis A1, tapi A2 siapa ya??? *mikir keras*

    ReplyDelete

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Back to Top