Find Me on Social Media

About My Self Development & First Female Blogger Community I Ever Join

Friday, 23 November 2018


Cerita tentang apa yang bikin gue tertarik join di Blogger Perempuan Network ini, akan sangat panjang kayanya nih.

Meski baru bergabung setahun ini, tapi dari BPN gue merasa berkembang sekali. If it comes to my self development, BPN has the biggest impact.

Pertama kali tau Blogger Perempuan Network itu dari blog Mba Windi Teguh. Lagi iseng aja blogwalking, eh nyangsang di blog doi gara-gara tulisan yang ini: DEAR REKAN KERJA,MAAFKAN KAMI PARA WORKING MOM

Seneng banget baca-bacain post Mba Windi karena sangat related dengan hidupku. First of all, doi itu ibu bekerja juga dan menitipkan anak sama ART di rumah. Default tulisannya detail (panjang kali lebar) tapi nggak bikin bosen baca dari awal sampai akhir. Juga ciri khas Mba Windi yang selalu straight to the point kalo nulis.


Lalu kepo lah baca-bacain semua tulisannya, eh pas lagi scroll ke bawah-bawah kok ada lambang si Blogger Perempuan Network. Kemudian iseng coba-coba daftar dan bergabung di komunitas tersebut. Ini sekitar Oktober 2017, masih pake domain blogspot belum pake TLD (Top Level Domain) kaya sekarang.

Meski udah ikut-ikutan gabung, nggak pernah aktif sama sekali. Jarang banget update link tulisan baru di Facebook Group maupun social media. Soalnya dulu masih nahan diri banget. Nulis cuma kalo sempet, itu juga isinya kebanyakan junk thoughts. Kalo nggak dikeluarin takut keburu jadi kutil.



Waktu awal tahun 2018 ini, sempet iseng ikut lomba blog Mobil123 eh menang. Wah dari situ tingkat pede naik dong ya. Langsung semangat nulis dan aktif di BPN. Meski yaa pageviews dan traffic mah segitu-gitu aja, masih cemen banget.

Senengnya di BPN itu Mbak Alaika, Mbak Shintaries dan Mbak Alma baiknyaaaa macam bidadari. Pertanyaan-pertanyaan recehku, belum lagi pertanyaan yang diulang-ulang mulu karena otak kok kayak nggak nyampe banget kalo udah ngomongin SEO, Google Analytics, atau Meta Deskripsi 😭 Semua SELALU dijawab dengan SABAR dan JELAS

Kenapa gue bilang sabar, karena ya ampunnnn itu Facebook Group yang udah join sebagai member aja 5000 orang. Asumsi 1% aja setiap hari ada yang nanya, artinya ada 50 orang dalam sehari yang memiliki kemungkinan bertanya. Nanyanya pun gue yakin, nggak sedikit yang nanya hal yang sama dari orang berbeda. Dan selama setahun terakhir ini sejak join sebagai member BPN, setiap kali gue tanya salah satu dari mereka pasti menjawab.

Mengingat tingkat kesabaran orang bisa beda-beda, sungguh salut deh sama mereka. Terlebih lagi ya jawabannya nggak yang ogah-ogahan loh. Semua diJELASkan sampe bener-bener kitanya ngerti. πŸ‘



In my opinion, bergabung dengan komuniitas blogging gini banyak banget manfaat positifnya. Berikut gue jelaskan secara singkat:

πŸ’– Making new friends and expanding networking

Bergabung di komunitas ya tentunya kita nambah teman baru ya. Bukan sekedar teman juga, tapi teman dengan hobi dan passion yang sama: menulis dan ngeblog


πŸ’– Sharing informations and knowledge

Lewat BPN, kita jadi lebih mudah update saat ada info lomba blog terbaru (Blog Competition), atau informasi seputar kegiatan or events or gathering. Seringkali ada event yang khusus membahas dunia digital dan web (Blog Coaching). Atau yang baru-baru ini lagi kita lakoni bareng BPN menjelang penutupan tahun 2018: Blog Challenge.

Seru kannnn. Jadi nggak kudet alias kurang update lagi. Dulu sebelum join komunitas, gue selalu dapat info lomba paling akhir. Batas lombanya mah tanggal 20, lah gue baru tau tanggal 17. Udah H-3 banget itu coy, ngebut bikin materi dan baru mulai share di socmed. Serba mefettttt...πŸ˜…

Info lomba lewat BPN ini lebih oke oce sih, hampir kebanyakan brand-brand hits seantero negeri. Beberapa contoh ya: Tcash, Pokka, dan yang sekarang lagi ongoing yaitu Monde.


πŸ’– Brainstorming

Oh I love this part! Blogger Perempuan Network itu mendukung sekali semua member untuk upgrade dan meningkatkan skill. BPN sungguh mewadahi dan memberikan full support bagi siapa saja yang mau belajar dan mencari ilmu lebih banyak. Entah melalui event Blog Coaching Clinic maupun sesimpel diskusi online.


πŸ’– Sharing technical skills in blogging and digital web related 

Dari BPN lah gue mulai mengenal yang namanya SEO dan Google Analytics. Belajar memperbaiki kualitas dan tampilan blog, belajar bagaimana menulis di blog dengan settingan Meta Description, dan perihal teknis tentang dunia blog ini. Semua itu bisa diperoleh tanpa sepeser pun. Kuncinya hanya kegigihan dan kemauan untuk belajar. That's it



πŸ’– Empowering woman to have self development

Bagian ini paling penting mengingat sekarang posisi gue udah punya buntut. Sehari-hari udah sibuk sama kerjaan kantor, pulang udah sibuk sama urusan anak dan suami. Rasanya hidup lama-lama kok kaya robot aja gitu. Sementara umur masih produktif ya kan, masih haus akan tantangan baru. Sempet sih sibuk ngurusin dagangan online, tapi belakangan nggak tahan menghadapi tanya jawab customer.

Kadar sabar gue kan terbatas ya, ngurus batita yang lagi masa-masa tantrum dan menguji mentalitas. Dealing with my superior and piles of works at office, ditambah harus meladeni customer di ranah online itu sungguh bikin vertigo. This is true tho. Gue sampe harus bulak balik ke dokter syaraf minta prescription for fight my illness. πŸ˜–πŸ˜–


So, the only way out my doctor said back then is to start doing things I like the most. Vertigo itu bukan sakit kepala yang sekali minum parasetamol lalu hilang. Vertigo itu konslet di kepala akibat beban pikiran dan mentalitas yang nggak dijaga. 

Gue renungin lah apa sih maksudnya si dokter. I feel trigerred and tried to challenge myself, to stop the meds. Gila apa umur segini udah ketergantungan sama antidepresan 😭

Itu pikiran gue saat itu. 


Dan ya satu-satunya hal yang gue suka cuma menulis dan ngeblog. Makanya perlahan tapi pasti, gue membuka diri dan mau seriusin lagi ngeblog. Dan BPN membukakan jalan gue. It's like BPN is my second home now 😚😚

Mari sama-sama kita tutup tahun 2018 dengan menyelesaikan tantangan #BPN30DayChallenge ini. Buat gue sendiri, udah pencapaian banget nulis 30 hari non stop itu. Semoga tetap konsisten!



4 comments on "About My Self Development & First Female Blogger Community I Ever Join"
  1. Aamiiin... Aku pun juga berharap gitu. Bisa konsisten sampai akhir. 😁😁

    ReplyDelete
  2. Semoga tetap bisa konsisten nulis mbak ...

    ReplyDelete
  3. Setuju! Mbak Shintaries sama Mbak Alaika, plus Mbak Almazia yah, baiknya enggak ketulungan. Low profile banget.

    Aku masih blogger awam mbak, TLD juga baru setahun, ih kayaknya kok mirip ya kita hehe. Aku dulu ngerasa, kok pada pasang banner BP di side bar sih? Coba-coba ah gabung, eh bener, banyak keuntungannya. Cuma sayangnya aku belum pernah menang lomba blog mbak hihi.

    ReplyDelete

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Back to Top