Find Me on Social Media

ADRIFT IN DIGITAL ERA - Ombang Ambing di Dunia Digital

Thursday, 1 November 2018



Wah,…tak terasa sudah bulan November lagi! Artinya tinggal 60 hari tersisa menjelang tahun berganti. Apa aja yang sudah kalian lakukan di 2018 ini? Apa hanya sibuk menikmati? Lalu apa kabar resolusi?


Ketoyor nggak tuh? Sungguh suatu prolog yang lumayan bikin panas hati ya. Pasalnya, saya sendiri sungguh jauh dari pencapaian resolusi. Semua yang direncanakan pada awal tahun sudah mulai terlupakan. Seperti kapal terombang ambing di lautan lepas 🌊

Persis cerita di film Adrift, kisah nyata sepasang suami istri bernama Tami dan Richard diperankan oleh Shailene Woodley dan Sam Claflin, tentang cerita mereka bertahan di sebuah kapal pasca dihantam Raymond Hurricane. Menariknya, si istri akhirnya selamat setelah 41 hari terombang ambing di Pacific Ocean.

Ini kenapa jadi ngomongin film? Hahaha. Ketahuan deh ya, semua kegiatan jadi ke distraksi sama nonton film πŸ™ˆ

Anyway, seperti tahun-tahun sebelumnya, memasuki bulan November saya pasti mulai merangkum tahun yang sedang berjalan dan akan berakhir dalam 2 bulan itu dalam satu kata. Kalo di 2017 kata yang tepat menggambarkan cerita hidup saya adalah Cotton Candy (permen gulali). Di tahun 2018 ini saya lebih suka merangkumnya seperti judul film yang tadi dibahas: ADRIFT.

So, what makes a Cotton Candy suddenly becomes Adrift?

2017 itu rasanya manis dan lembut, semua hal terjadi sesuai rencana bahkan melebihi ekspektasi. Nah, di tahun ini semua kejadian berjalan lambat banget dan nggak ada hal berarti yang terjadi. Entah dari sisi karir dan pekerjaan maupun target-target yang ingin dicapai.

Specifically speaking, target keuangan yang lagi disusun ternyata mundur jauh dari rencana. Padahal udah ngarep banget tahun ini bisa menikmati akhir tahun di luar Indonesia, merayakan pergantian tahun dengan gegap gempita. Nggak seperti tahun-tahun sebelumnya yang ujung-ujungnya malah pengap sama asap barbeque di teras rumah.

Meski begitu, kondisi keuangan bukannya yang cekak-cekak amat sih. Masih bisa menikmati hidup kok, jalan-jalan singkat keluar kota, main dan makan di Mall. Masih bisa belanja online tanpa pusing sama cicilan hutang 😝😝

Image source: pexels.com


Untungnya masih bisa menulis unek-unek di blog, jadi nggak sampai stress berkelanjutan. Enaknya hidup di era digital salah satunya ya ini nih. Kalo lagi nggak kesampaian mau liburan, ya buka platform social media aja lihat kebahagiaan orang-orang yang berlibur ke berbagai destinasi wisata. Mupeng sih tapi nggak apa-apa, sekarang mungkin hanya bisa nge-like foto-foto orang liburan. Next time, mereka yang nge-like foto saya lagi liburan. Hahaha

Buat kalian para pengabdi social media dan hidupnya nggak jauh-jauh dari perkakas digital, beberapa hal ini penting untuk bertahan dan jangan sampai hanyut dalam gemerlap digital era:

Bikin perencanaan keuangan yang baik

Bukan anak akuntasi maupun keuangan? Nggak apa-apa! Gunakan prinsip dasar yaitu jangan besar pasak daripada tiang. Penting untuk mencatat detail setiap pengeluaran, supaya setiap akhir bulan bisa kita review apakah kita menghabiskan terlalu banyak untuk belanja dan jajan? Lalu bagaimana dengan jumlah tabungan dan investasi? Jangan sampai dananya terpakai untuk hal-hal yang nggak penting seperti flash sale di e-commerce atau khilaf saat harbolnas ya!

Image source: pexels.com


Bikin skala prioritas

Punya wishlist akan sesuatu itu manusiawi. Tapi jangan sampai memaksakan keinginan padahal nggak ada kemampuan financial. Apalagi di era digital ini banyak fin-tech yang menawarkan fasilitas kredit rekanan dengan berbagai online maupun offline store brand-brand hits setanah air. Bisa sih tampil kece dan kekinian, tapi di balik foto OOTD (outfit of the day) , gadget keluaran terbaru dan foto-foto liburan di social media itu, yakin nggak ada cicilan hutang dibaliknya?


Bijak dalam menggunakan smartphone dan social media

Menghabiskan waktu berjam-jam scrolling di social media itu menyenangkan pastinya. Sudah pernah dihitung belum kira-kira dalam sehari waktu yang kamu habiskan hanya untuk scrolling dan kepo-in profile orang itu berapa lama sih? Akan lebih bermanfaat jika waktu tersebut digunakan untuk hal bermanfaat, seperti membaca berita atau blog orang-orang dengan latar belakang dan informasi yang berbeda. Kalo masih buta soal perencanaan keuangan, bacalah artikel-artikel tentang ekonomi dan financial. Niscaya, kamu bisa menjadi lebih hebat dan hemat πŸ˜„πŸ˜„

Image source: pinterest.com


Belajar dari ketiga hal itu, saya jadi lebih bisa berdamai dengan kenyataan. Nggak apa-apa lah rencana liburan akhir tahun tertunda. Yang penting keuangan stabil dulu dan lebih penting lagi, saya merasa jauh lebih produktif.

Tahun 2018 ini lebih banyak menghasilkan tulisan di blog, karena sejak akhir tahun lalu saya akhirnya beli domain. Supaya lebih enak dan singkat juga alasan personal, bikin lebih semangat menulis. Pilihan langsung jatuh pada DomaiNesia karena dapat promo waktu registrasi pertama kali. Domain murah hanya Rp 99 ribu untuk satu tahun!

Beberapa waktu lalu dapat push email, diingatkan oleh DomaiNesia untuk melakukan perpanjangan karena domain www.jeenatassya.com sudah mau expired 30 hari lagi. Akhirnya langsung deh buru-buru login dan melakukan renewal domain. Ternyata DomaiNesia lagi merayakan ulang tahun yang ke-9. Wah, sudah menjelang ABG nih ya.. 😝



Gambaran singkat mengenai DomaiNesia, merupakan salah satu perusahaan layanan web terkemuka dengan menyediakan jasa layanan registrasi domain, hosting, SSL dan modifikasi website. DomaiNesia memudahkan kebutuhan para blogger maupun para pemilik bisnis online untuk mempercantik dan memaksimalkan tampilan web mereka.



Untuk kemudahan cara pembayarannya pun tergolong lengkap dan cukup mudah. Bisa melalui transfer bank maupun pembayaran instan seperti virtual account, kartu kredit dan paypal.



Setiap bulan juga kita dikirimkan artikel DomaiNesia Monthly Insights ke email terdaftar. Banyak sekali artikel berupa berita dan tips bermanfaat seputar dunia teknologi dan web. Memudahkan banget waktu awal-awal nge-blog, semua lengkap dikupas tuntas. Buat kamu yang mau coba bikin blog dengan domain silakan mampir ke sini: Membuat Blog Profesional






Untuk kamu yang mau ikutan memeriahkan semarak ulang tahun DomaiNesia ke-9 ini bisa ikutan event BLOG & LOCK. Lomba blog dari DomaiNesia dengan total hadiah jutaan Rupiah loh. Caranya bisa cek ke website: Lomba Blog DomaiNesia

Nah, jadi gimana kalian masih mau hanyut terbuai di #digitallife ini kah? Atau mau memulai perubahan menjadi pribadi lebih baik? Choose your choice #madepossible. Jangan lupa, tinggal 2 bulan lagi 2018 akan berakhir. Mulai susun yuk resolusi dan rencana hidup di tahun 2019! Mungkin kalian bisa mulai dengan migrasi domain ke DomaiNesia? 😜😜

Here to sum up the post, just a favorite quote from Adrift movie.
" What's it like sailing out there on your own? "
" It's a feeling that I can't describe. The view and the infinite horizon "


3 comments on "ADRIFT IN DIGITAL ERA - Ombang Ambing di Dunia Digital"
  1. Aih lengkap deh rangkumanya mulsi soal outfitt ampe belu domain.thanks for sharing

    ReplyDelete
  2. Aku baru tau banget tentang domainesia loh hihihi

    ReplyDelete
  3. sekarang mungkin hanya bisa nge-like foto-foto orang liburan. Next time, mereka yang nge-like foto saya lagi liburan. Hahaha like this mba, good luck ya!

    ReplyDelete

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Back to Top