Find Me on Social Media

Rekomendasi Kuliner Nusantara di Kelapa Gading, Jakarta Utara

Monday, 26 November 2018

To be honest, I am not so into food and restaurant review. Karena pada dasarnya, gue emang suka makan dan nggak picky eater. Jadi gue bias banget deh kalo udah ngomongin makanan. Tapi kali ini berhubung tema BPN 30 Day Challenge hari ketujuh adalah rekomendasi tempat makan favorit. Gue mau coba tulis rekomendasi tempat makan favorit ala Jeenatassya blog.

Tempat-tempat makan yang mau gue ulas berikut ini semua berlokasi di daerah Kelapa Gading. Merupakan surganya tempat makan dan tempat ngopi di Jakarta Utara. Pada tau kan kalo Kopi Johny yang legendaris dan selalu jadi tempat konferensi pers para artis penuh sensational serta selalu “nampang” di Instagram Hotman Paris itu berlokasi di Kelapa Gading? πŸ˜‚πŸ˜‚

Gue sendiri lumayan bahagia tinggal di surga kuliner karena ya semua makanan apa aja ada di sini. Kenapa lumayan doang bahagianya? Soalnya udah rahasia umum kalo Kelapa Gading terkenal dengan kemacetan dan ke-acak adut-an jalanannya. Jadi sebagai penghuni setia yang lebih sering mager alias malas gerak, gue lebih memilih keliling Gading aja nyari tempat makan yang belum pernah kita coba. Daripada harus maksa nyobain restoran baru di Senopati atau Pantai Indah Kapuk. Karena cyinnnn, keluar komplek Gading dari rumah gue ini ya membutuhkan waktu minimal 45 menit. Gimana coba nggak mager? 😒

Jadi kali ini mari kita bahas secara singkat ya tempat makan favorit gue di Kelapa Gading kala mager melanda:

🍴 Bakso Leo Solo



Image Courtesy: doyankuliner.com

Bagi penggemar bakso, wajib banget coba Bakso Leo. Merupakan Bakso khas Kota Solo, dengan kuah kaldu pekat dan mengandung tetelan/gajih sapi. Rasanya nggak diragukan lagi, nikmatnya rela deh bikin diet kamu gagal. 

Selain bakso, ada es campur dan es kelapa juga. Untuk melengkapi kenikmatan ngebaks.... Semangkok bakso ini dipatok seharga Rp 20.000,- per mangkok. Jenis baksonya bervariasi ya, ada bakso telur, bakso urat, halus dan gepeng. Serta pendampingnya ada tahu segitiga, bihun/soun dan mie keriting disertai sayuran dan tauge.

FYI, Bakso Leo ini baru buka jam 15.00 dari Senin hingga Minggu. Lokasi lengkapnya di sini:

πŸ“ Bakso Leo Solo,
Jl. Sumagung 3 No. 4 Kelapa Gading, Jakarta Utara 14240





🍴 Sepiring Padang

Siapa sobat pembacaku yang nggak suka makan Nasi Padang? Pasti nggak ada ya! Hahaha
Karena ya siapa coba yang bisa menolak pesonanya Nasi Padang? Dibungkus pake kertas nasi beralaskan daun dengan nasi dua centong penuh. Disiram kuah sayur nangka dan gulai serta dilengkapi sambal ijo khas Padang. 😎



Image Courtesy Instagram @sepiringpadang

Di Kelapa Gading ada rumah makan Padang dengan design interior kekinian loh, Sepiring Padang. Bener-bener suka banget sama interiornya yang bikin nyaman untuk menikmati hidangan di restoran. Pilihan menunya sangat komplit, mulai dari ayam pop, ayam gulai, ayam bumbu Bali dan bakar hingga dendeng serta rendang daging. 

Ciri khasnya Sepiring Padang ini selain sayur nangka kuning seperti pada umumnya, ada juga sayur Pucuk Ubi Tumbuk dan Kangkung Bunga Pepaya. Kalo menurut opini pribadi sih, dari skala 1 hingga 10 gue akan kasih rate 8.5! Karena rasa makanannya enak-enak dan bikin nagih....


Image Courtesy Instagram @sepiringpadang

πŸ“ Sepiring Padang,
Jl. Boulevard Raya QF 1 No.1 Kelapa Gading, Jakarta Utara 14240



🍴 Bakmi Bangka Awat

Penikmat bakmi khas Bangka harus dan wajib coba Bakmi Awat! Ini tempat makan langganan gue dan Beey dari jaman pacaran. Pulang sekolah kita sering makan di sini karena tempatnya dekat sama sekolahan. Bakmi Bangka Awat ini halal ya, terdiri dari varian mie keriting, kwetiau dan bihun dipadukan dengan ayam cincang dan bumbu kaya rasa dari kecap asin Angsa khas Bangka.

Favorit gue sekeluarga adalah Fukian dan Pangsit Kering. Untuk fukian itu sejenis otak-otak tapi nggak digoreng kering melainkan direbus dan dibumbui. Sedangkan pangsit kering ini sejenis pangsit yang direbus dan dibumbui cokelat seperti bakmi. Jadi beda yaa bukan seperti wonton atau pangsit kuah gitu.


Jl. Kelapa Hibrida Raya blok PE 10 No.31 Kelapa Gading, Jakarta Utara 14250





🍴 Claypot Popo

Claypot Popo ini terdiri dari menu nasi dan misua yang dimasak dan disajikan menggunakan Claypot (mangkok yang terbuat dari tanah liat). Variasi menunya nggak banyak, terdiri dari : Nasi Siram Sapi/Ayam Telur, Nasi Siram Sapi Cah Bawang Putih dan Misua Tahu Telur Asin.



Image Courtesy Instagram @claypotpopo

Semangkok Claypot dipatok seharga Rp 30.000,- hingga Rp 45.000,-. Untuk ukuran rumah makan rumahan, Claypot Popo ini masih sesuai kocek lah yaaa. 


πŸ“ Claypot Popo,
Jl. Kelapa Molek 7 No.7 Kelapa Gading, Jakarta Utara 14240





🍴 Kedai Kurcaci

Siapa penggemar kuliner khas Bandung di sini? Siapa sih yang nggak kenal jajanan khas Bandung seperti: siomay, batagor, ronde jahe, sekoteng dan yamien?

Di Kedai Kurcaci menu jajanan khas Bandung-nya paling lengkap! Gue sendiri paling suka batagor dan siomay nya, sedangkan Leon suka banget sama ronde jahenya. Untuk rasa makanannya lumayan bikin rindu kita akan kuliner Bandung terpuaskan. Daripada jauh-jauh harus ke Bandung dan bermacet-macet ria ya kan.


Image Courtesy Instagram @kedaikurcaci

Variasi menunya banyak banget, masih ada mie kangkung, nasi ayam goreng, nasi tim ayam dan seblak juga loh. Seblak khas Kedai Kurcaci ini paling enak se-Kelapa Gading, imho. Bisa pilih level pedasnya skala 1 - 4, terus ada kerupuk khas seblak namanya unyu-unyu. πŸ˜ƒπŸ˜‚

Image Courtesy Instagram @kedaikurcaci

πŸ“ Kedai Kurcaci
Jl. Kelapa Cengkir Raya blok EB 2 No.11 Kelapa Gading, Jakarta Utara 14240




Itu dia review singkat 5 tempat makan favorit di Kelapa Gading, surganya kuliner dan jajanan khas nusantara. Kalian udah pernah ada yang coba belum? Atau ada rekomendasi tempat makan lainnya di Kelapa Gading? Share yaa di kolom komentar 😊😊
9 comments on "Rekomendasi Kuliner Nusantara di Kelapa Gading, Jakarta Utara"
  1. Wow bookmarked! Sebagai anak yang mainnya pasti ke Gading tiap ke Jakarta, ini menjadi penting :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masihhhh banyak kuliner terpencil tapi rasanya aduhai mamigessss...next time kalo sempet aku tambahin 😚😚

      Delete
  2. Yaa ampuun, 45 menit keluar komplek doang.. padahal kalau di sini yg macetnya gak seberapa aja kadang udah bikin senewen..

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu lah Gading..ga macet cuma kalo pas Lebaran mbak :')

      Delete
  3. Penasaran sama Claypotnya. Kayaknya Nasi Siramnya seger gitu dimakan panas2. "Mendadak lapeer"

    ReplyDelete
  4. Wah Gading memang nggak ada matinya ya kalo soal kuliner. Apalagi untuk pecinta mie, yaampun ngebayangin aja udah laper! Hahahaha

    Kadang-kadang kalo ke Jakarta aku suka main ke Gading. Selalu dapet tugas dari suami untuk cari tempat makan. Kadang kalau dari google doang nggak cukup, yang direkomendasi itu-itu lagi. Ini bakal jadi referensi makan baru deh. Thank youu for sharing, Jeen! :D

    ReplyDelete
  5. waww....rekomen yang mantaf nihh..nanti deh kalo ke sana mampir

    ReplyDelete

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Back to Top