Find Me on Social Media

Five Inspiring Indonesian Bloggers

Thursday, 29 November 2018



To be a blogger, we must have at least one role model. Who also a blogger, longer and more experienced in the blogspheres.

Berkecimpung di dunia blog pastinya juga punya idola blogger. Kalo mesti ditulis satu per satu sih bisa gempor saking banyaknya blogger beken [BEKEN] kesukaan gue. Jadi untuk mempersingkat ya gue kerucutin aja ya. Blogger favorit yang sampe ke semua media sosial mereka aku follow dan sangat ku kagumi.


Soalnya ada juga beberapa blog yang sering gue baca dan ngikutin banget perkembangan tulisannya hari ke hari. Tapi ya nggak sampe fanatik gue follow ke medsos. Mostly, travel bloggers. Like I said before, gue inferior banget sama orang yang kerjanya jalan-jalan. Jadi demi menjaga kewarasanku, mohon maaf ya brother and sister. Aku cuma sanggup follow tulisan kalian, nggak sanggup follow medsos.


And here they are, top five bloggers panutanQue



πŸ’• GRACE MELIA (www.gracemelia.com)




Image Courtesy : Instagram @gracemelia


Siapa nggak kenal coba sama mami Aubrey dan Aiden ini? Wanita yang akrab dipanggil Gesi ini terkenal seantero mommy blogger. Perjuangan dan spirit Gesi dalam merawat Aubrey (special needs kid) serta cerita penuh haru biru dari Founder Rumah Ramah Rubella. Such a wonderful woman :")

To be honest yaaa, gue nyangsang di blog Gesi gara-gara Diari Papi Ubii: When You Marry a Monster. This is around 2016 I guess. Ever since then, gue BIAS sama tulisan - tulisan Gesi dan Adit.

Selain karena mereka menulis dengan sangat apa adanya, juga karena Gesi sangat humble gengs. Karena gue selalu meninggalkan jejak (or am I such an annoying commenter?), entah di DM atau komentar caption IG sama di blognya Gesi, dia sampe mampir ke blog gue loh. Surprisingly, blog gue dibantu promote lewat Instastory-nya. Terharu banget akutu :")









Waktu book launch Indahnya Susahnya Jadi Ibu, gue kan dateng tuh di Grand Indonesia. Sengaja-sengaja demi ketemu Gesi dan Kak Icha. (Untung) Gesi segera mengenali gue loh, OMG. Can't wait to meet you again!






πŸ’•ANNISA STEVIANI (www.annisast.com)



Image Courtesy : Instagram @annisast


Nyangsang di blog Kak Icha karena tulisannya tentang Daycare related. Dulu soalnya sempet mau masukin Leon ke daycare waktu usianya 13 bulan. Gue iseng aja googling efek baik buruknya anak di daycare (kurang lebih lah ya ini, gue lupa keyword aslinya). Kemudian si page one Mbah Google merekomendasikan blognya Annisast.


Meski akhirnya Leon batal masuk daycare (karena si Beey nggak tega), gue tetap penikmat setia blog Annisast. Soalnya ketus dan blak-blakannya itu loh. Gue juga relate banget sama Kak Icha in so many ways. Sama-sama working mom, sama-sama pernah mengalami fase baby blues dan sama-sama kaum menengah yang struggling sama prioritas keuangan sampe rela manyun nggak bisa liburan karena ya nggak mampu ada budget khusus liburan :")




Tulisan Kak Icha, imho, selalu penuh sensasi dan mengundang intrik serta kontroversi. Idealisme parenting yang blak-blakan ala Annisast ini ya pasti ada pro dan kontra. Tapi justru seru sih jadi bisa melihat dari sudut pandang berbeda. Bikin gue belajar introspeksi dan bercermin pada diri sendiri. 


Seringkali kepala aku isinya tuh ya kalo abis baca tulisan Parenting related dari blog Annisast atau artikel Mommiesdaily yang ditulis Kak Icha: "Kenapa sih dia bisa gitu? Aku kok nggak bisa ya. Aku harus coba nih..."


Memberikan tantangan /challenge ke diri sendiri makanya gue seneng ngikutin Kak Icha, sampe medsos juga supaya nggak ketinggalan topik seru lainnya. Gue bahkan tau tentang Jouska aja dari Kak Icha. Dan gara-gara itu jadi ngikutin Jouska lalu sampe me-review semua polis unitlink, asuransi kesehatan, asuransi jiwa dan portfolio reksadana gue. Gila kan, semua gara-gara follow Annisast from the first place! πŸ˜‚πŸ˜‚



πŸ’• SRI ANINDIATI NUSASTRI (www.anindiati.wordpress.com)



Image Courtesy : Instagram @saastrii


Actually, she is a travel blogger. Tapi buat gue, tulisannya Sastri ini taste different. Sastri merupakan salah satu travel jurnalis Kompas. Nggak usah diragukan kualitas tulisan dan gaya bahasanya. 


Kata Sastri, travel itu adalah kebutuhan nomor 4. Kalo kebutuhan nomor 1,2,3 adalah kebutuhan sandang, pangan dan papan ya traveling itu kebutuhan nomor 4. 


Kalo boleh gue rangkum, blognya Sastri itu bukan cerita traveling biasa. Di dalam setiap perjalanannya, ada petualangan dan kisah seru bagaimana Sastri sebagai seorang jurnalis dituntut memiliki interaksi sosial dengan penduduk setempat. 


Berapa kalipun dibaca bolak balik, nggak akan pernah habis terkesima dengan semua ceritanyaπŸ’–



πŸ’• PUTY PUAR (www.told.byputy.com)




Image Courtesy : Instagram @byputy


Puty ini salah seorang ilustrator yang juga seorang ibu anak satu. Keunikan Puty yang gue suka adalah ilustrasinya yang sederhana namun sarat makna. Tone ilustrasinya cenderung pastel dan elegan. Bikin tambah jatuh hati karena gue suka sekali warna-warna soft pastel gitu😍


Untuk tulisan-tulisan di blognya lebih ke arah Lifestyle dan Daily Journal sih. Tapi ya itu tadi dengan keunikan baik tulisan dan gambar hasil karya Puty bikin penasaran setiap hari.


Puty kayanya lebih sering update di Instagram deh. Beberapa hari lalu, Puty menjadi salah satu dari 3 pemenang JCS International Young Creatives Award (salah satu dari program International Emmy Award 2018). She is so cool😍



πŸ’• WINDI TEGUH (www.windiland.com)

Image Courtesy : Instagram @winditeguh


Mommy blogger asal Medan ini sungguh panutan, pasalnya Mba Windi itu tangguh dan tahan banting. Bekerja di salah satu bank terbesar di tanah air dengan mayoritas ruang lingkup pekerjaannya adalah laki-laki, wah salut lah. Sungguh bangga sebagai sesama ibu bekerja.




Gue yang ranah pekerjaannya mayoritas cewek aja kadang masih selengkat-selengkat dan adu senggol. Nggak kebayang kalo banyakan cowok gitu pasti pressure lebih besar karena ya ambisi dan harga diri seorang cowok tuh jauh lebih besar. Ada rasa gengsi gitu lah kalo posisi karirnya sederajat atau bahkan lebih kecil daripada cewek, pun seorang working mama pula.


Hampir semua tulisan Mba Windi gue juga bisa relate. Selain karena sama-sama ibu bekerja, Mba Windi juga menitipkan anak sama ART di rumah. Topik seru yang paling gue suka adalah kalo Mba Windi di nyinyirin orang soal menitipkan sama ART yang pendidikannya mungkin hanya SMA atau SMP sederejat. Dibanding anak dirawat oleh ibunya yang sarjana, gila sih. Sudut pandangnya bener-bener unpredictable gitu. 

Gue belajar banyak dari tulisan karya Mba Windi, untuk lebih pake logika dan rasional dalam beropini di dalam tulisan. Daripada baper dan nge-rant emosi di blog demi pelampiasan dan kepuasan pribadi kan. Ya meski tulisan lama gue masih begitu semua ya bentukannya πŸ˜…


Tulisan yang favorit karya Mba Windi versi gue: Nitipin Anak sama ART? Ibu Macam Apa Kamu?


Jadi itu dia 5 bloggers favorit gue yang ternyata semuanya mommy blogger ya πŸ˜„πŸ˜„

Kira-kira kalo kalian gimana? Ada rekomendasi blogger boleh juga ya info di kolom komentar ya gengs 😘
4 comments on "Five Inspiring Indonesian Bloggers"
  1. Dikomentari balik dan dapet pujian dari blogger favorit itu emang bikin hati berdebar-debar saking girangnya ya hahahaha blog kamu emang enak dibaca, Jeenn. Aku suka gaya cerita kamu yang blak-blakan, tapi fun juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya loh girang banget makanya norak deh sampe aku abadikan hahaha
      awww thanks a lot Jane <3 masih tahap belajar juga aku ini, tapi semangat krn kenal org2 baru dan jadi banyak dapat inspirasi

      Delete
  2. Saya ngikutuin Puty.. keren banget dia ya ? Bisa menang Emmy segala.

    ReplyDelete
  3. Dari ke 5 nya seringnya berkunjung ke blog Gesi, dulu juga sering di Icha, tapi akhir-akhir ini agak gimana ya bacanya hahaha.

    Kalau saya inspirasinya justru dari temen-temen blogger yang sering berinteraksi, yang beneran bikin hidup saya punya arah dan action.
    Dan rata-rata, mereka belum sekondang blogger kondang di Indonesia.
    Tapi justru karena apa yang mereka lakukan itu bener-bener membawa perubahan langsung ke saya. Jadinya saya terinspirasi :D

    Sederhana tapi mengena kalau kata saya :)

    ReplyDelete

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Back to Top