Find Me on Social Media

Menerapkan Gaya Hidup Sehat Pada Anak

Sunday, 2 December 2018


Sebagai seorang ibu, pastinya memegang kendali penuh pada nutrisi dan pola hidup sehat keluarga. Dimulai dari diri sendiri, kemudian mulai menerapkan ke suami dulu. Harapannya dengan dimulai dari kita berdua, anak bisa mencontohkan. Apalagi si Leon punya riwayat eczema yang bukan cuma dituntut untuk selalu konsumsi HEALTHY FOOD, tetapi juga HEALTHY LIFESTYLE. 

Mengingat kesibukan kita sehari-hari dari pagi hingga malam, mulai dari mengantar anak ke sekolah lalu lanjut ke kantor, serta meeting dan segudang pekerjaan yang menanti untuk dikerjakan. Belum lagi di rumah harus tetap fit, menemani si kecil bermain dan belajar. Hal-hal ini selain membutuhkan stamina, tapi juga membutuhkan psikis yang sehat.

Berikut beberapa penerapan gaya hidup sehat yang bisa dimulai dari kita, sebagai orang tua agar dapat menjadi contoh yang baik untuk anak-anak :


πŸ€ PILIH MINUM AIR PUTIH


Kenapa PILIH? Soalnya kalo cuma minum air putih, semua orang pasti minum air putih. Tapi pernah nggak sih kalo makan di luar atau lagi jalan-jalan ke mall PILIH-nya minum air putih? Hayooo...

To be honest, everytime and everywhere I go, I bring a water bottle with me.

Jadi kemanapun, gue selalu bawa botol berisi air putih. Kalo pun kehabisan air putih dan pas makan keluar, lebih memilih minum teh hangat tawar. Paling anti makan di restoran tapi minumnya teh manis, capucino atau es lemon tea gitu. No offense ya.

Selain karena minuman (atau makanan) mengandung gula itu memicu Leon menjadi sugar rush, juga gue sendiri nggak gitu doyan minuman atau makanan manis. Rasanya kalo abis minum dan makan manis, perut rasanya kembung. Mungkin karena gue sendiri udah terlalu lama nggak konsumsi yang manis-manis gini.

Hal ini ternyata ditiru oleh Leon loh. Sekarang kalo minum teh manis, dia nggak suka. Lebih milih teh tawar atau air putih.

Manfaat air putih itu banyak banget, mengingat tubuh kita 60% mengandung air. Air putih dibutuhkan untuk melancarkan fungsi tubuh, membuang kotoran dari dalam tubuh, membawa nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh.

Konsumsi banyak air putih juga membantu proses penyerapan makanan dan pembakaran dalam tubuh lebih efektif, sehingga mampu membantu proses penurunan berat badan juga.

Jadi, yakin masih menunda untuk PILIH air putih? πŸ˜€πŸ˜€


πŸ€KURANGI WAKTU UNTUK GADGET & TAMBAH WAKTU UNTUK BERGERAK SECARA AKTIF

Sebenernya, lebih baik kalo bisa workout atau olahraga rutin. Tapi namanya emak-emak ya, ngangkat galon ke dispenser aja udah dihitung workout. Jadi giliran disuruh lari pagi, badan mager betul. Dan lebih cinta sama kasur, lumayan 15 menit ekstra bobo daripada 15 menit dikorbankan untuk lari pagi. πŸ˜›


Ini juga masih PR buat gue sih, gimana caranya menyisipkan waktu untuk rutin olahraga. Tapi gue pertegas ya, nggak harus olahraga. Sebisa mungkin banyakin gerak dan aktif. Bisa dengan melakukan stretching atau pemanasan singkat sebelum memulai kegiatan di pagi hari.

Bangun tidur cek hape? Nah ayo mulai kurangin tuh.... Melek mata itu baiknya dimulai dengan pemanasan singkat. Supaya badan juga lebih bertenaga dan nggak gampang capek. Biasanya setiap pagi hari sebelum mulai ngaprak di dapur, gue luangkan waktu 15 menit untuk relaksasi leher, punggung, tangan dan kaki.

Masak di dapur butuh waktu minimal se-jam, pasti pinggang tuh ketarik dan pegal banget kalo selesai masak. Nah, dengan pemanasan singkat ini bisa membantu mengurangi pegal. 

Berikut ini video stretching favorit gue, simple tapi "ngena" :



Dengan mengurangi pegang gadget, depan anak lebih sering bergerak dan aktif jadinya si Leon juga sekarang nggak melulu minta main gadget. Kadang ngajak main bola di lapangan dekat rumah, ngajak lari-larian di teras atau ya minimal, ngajak main kuda-kudaan.

Jadi, buat gue penting banget punya badan yang fit secara fisik. Kalo nggak, bisa encok pegal linu cyinnnn...


πŸ€ PERBANYAK MAKAN BUAH, SAYUR DAN SNACK SEHAT



Dulu, sebelum punya anak ya, cemilan di rumah buat gue dan Beey itu yang modelnya ciki-cikian. Segala jenis ciki yang berbumbu dan kriuk-kriuk gitu lah. Setelah punya anak, gue jadi mikir. Anak kecil ini kan rasa ingin tahunya tinggi. Jadi kalo kita makan yang bukan makanan dia yang biasanya, dia pasti minta. 

Bahayanya adalah nggak semua ciki-cikian ini bisa ditolerir. Karena kalo ada kandungan kacangnya, bisa memicu alergi Leon. Akhirnya, gue mulai menerapkan cemilan sehat. Buah-buahan itu wajib banget ada di rumah, seperti pisang, melon, semangka, mangga dan salak. Jadi kalo lagi pengen nyemil gue dan Beey udah larinya ke buah-buahan.

Kalo pun belanja snack di supermarket gitu, kita pilih yang aman buat Leon. So far, snack favorit kita sekeluarga Saltiness merk Khong Guan sama aneka cereal. Lumayan lah meski nggak berbumbu lagi, masih ada kriuk-kriuk dikit lah yaaa...


πŸ€ KURANGI  MAKANAN INSTAN DAN PROCESSED FOOD (MAKANAN DALAM KALENG)

Ini lagi-lagi ya setelah punya anak, bisa dihitung pake jari berapa kali kita makan sarden dan makanan kaleng lainnya. Karena selain kadar nutrisi yang hilang saat pembuatan makanan kaleng, juga zat-zat yang ditambahkan untuk mengawetkan makanan tersebut tidak baik untuk tubuh.


Sebaiknya, pilihlah buah-buahan segar dibanding buah kaleng, pilihlah ikan yang di tim daripada ikan dalam kaleng. Sama juga dengan daging, pilihlah daging segar dibanding daging sachet atau kalengan.

Tahukah kalian processed food ini mengandung kadar garam tinggi yang bisa meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan kerusakan jantung serta fungsi hati. Jangan lupa juga dengan berita seputar ikan kaleng yang banyak mengandung cacing itu. 😟😟


πŸ€ LOVE YOURSELF


Kaya kata kakanda Justin Bieber, Just Love Yourself. Ajarkan anak untuk merawat dan menyayangi diri sendiri. Kita sebagai orang tua juga harus memberikan contoh yang baik. Belajar dari hal yang sederhana dulu seperti menyatakan hal-hal apa yang membanggakan dari diri anak.


Nah, kalo untuk diri sendiri sebagai seorang ibu, yang kadang kita menerima lebih banyak mental pressure. The point is, jangan  lupa untuk merawat diri sendiri dan relaksasi. Nggak perlu gue bahas ya soal me time, karena definisi me time antar seorang dengan orang lain bisa beda.

Ada yang sekedar jajan ke warung depan tanpa anak, menikmati es krim tanpa ngumpet-ngumpet dari anak juga udah me time.

Ada juga yang memang bisa me time di rumah dengan membaca buku atau menonton drama korea favorit tanpa terganggu selama anak tidur.

Apa pun itu yang bisa kalian lakukan untuk menikmati waktu istirahat sejenak tanpa beban pikiran akan kerjaan rumah tangga yang numpuk. Tanpa pikiran harus masak apa besok, lusa dan seminggu ke depan. 



Live in the moment. Karena dengan begitu, kita bisa menjadi lebih refresh dan waras. Bisa lebih menikmati kehidupan sebagai ibu dan istri dengan keikhlasan. 



Bicara soal gaya hidup sehat setiap orang pasti bisa berbeda-beda ya. Gimana kalo kalian ada cara yang lain kah? Share juga yaaa....
10 comments on "Menerapkan Gaya Hidup Sehat Pada Anak"
  1. Duh, olahraga tuh emang PR banget ya apalagi buat emak-emak rumahan kayak aku. Cita-cita sih ingin kurus, tapi hobinya makan mulu huahahaha. Harus niat sih kalo olahraga itu ya. Kalo nggak mah bubar jalan deh. Dan poin terakhir yang terpenting juga ya, live in the moment!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaa bgt urusan makan aku nomor satu, olahraga mah nomor kesekian deh hahaha

      Delete
  2. Iya.. waktu Gadget emang harus dikurangi. Ponakan saya saking dari kecil mainannya pake Gadget, jadi males gerakin motoriknya.. dan gak terlalu suka berinteraksi sama teman lainnya. Akhirnya ibunya ngeluarin biaya ekstra untuk terapi lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duhhh itu bukan untung malah buntung jd keluar duit terapi ya huhu

      Delete
  3. saya sangat setuju nih mbak sama mengurangi pemakaian gadget buat anak kecil. bner-bner luar biasa dampaknya apalagi kalau sudah membuat candu. dikit2 minta hp,,, mending kenalin mainan yang bisa melatih motorik dll.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuul semakin ketergantungan semakin susah di stop :(

      Delete
  4. Kadang aku diketawain sama anak-anak karena lebih memilih air putih daripada minuman manis. Air putih ini aman dan segar. Laff deh. Sementara kalau sama anak-anak, aku mesti mengingatkan terus buat minum air putih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal air putih khasiatnya lebih banyak dan lebih baik ya tapi paling sering di underestimate

      Delete
  5. makan sayur dan buah itu yang masih susah kalau anak saya. Harus diakalin bener jadinya dicampur nugget misalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menguji kreativitas ibu nya banget ya itu πŸ˜…

      Delete

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Back to Top